Mari Mengenal Empat Pesawat Karya B.J. Habibie yang Membuat Indonesia Bangga!

Oleh: Sabrina Asfa Az Zahra  

Bacharuddin Jusuf Habibie atau lebih dikenal dengan B.J. Habibie adalah salah satu tokoh Indonesia paling berpengaruh. Namanya juga dikenal sebagai sosok yang sangat berjasa di dunia dirgantara Indonesia. Presiden ketiga Republik Indonesia ini tak hanya dikenal sebagai orang yang jenius di Tanah Air tapi juga terkenal di dunia. 

Kejeniusannya dalam menciptakan karya membuatnya dikenal hingga ke luar negeri. Seolah mata dunia tercengang dengan rancangan milik B.J. Habibie. Hal ini tentu membuat bangga Indonesia karena memiliki tokoh yang diakui di dunia. Ada beberapa karya milik B.J. Habibie di bidang penerbangan. 

Nah,  berikut ini adalah  karya-karya B.J. Habibie yang membuat Indonesia bangga. 

 

1. Pesawat RAI R-80 

 

Banyak pesawat yang diciptakan oleh Habibie. Di antaranya ialah pesawat RAI R-80, Pesawat ini dirancang dengan teknologi terbaru dan canggih dengan tingkat keamanan yang tinggi bagi penumpang. Tak seperti pesawat pada umumnya, Pesawat R80 dilengkapi dengan teknologi fly by wire yang menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah. Fly by wire adalah sebuah sistem kendali yang menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah. 

Pesawat ini dirancang oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI). PT Regio Aviasi Industri (RAI) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan manufaktur pesawat terbang. Perusahaan ini khusus mengembangkan pesawat R80 yang merupakan lanjutan dari pesawat N250 yang juga hasil ciptaan Habibie. Perusahaan ini didirikan oleh B.J. Habibie bersama putra sulungnya Ilham Akbar Habibie. 

Fly by wire adalah sebuah sistem yang menggantikan pengendalian penerbangan manual sebuah pesawat dengan antarmuka elektronik. Pergerakan dari pengendalian penerbangan dikonversi ke sinyal-sinyal elektronis dan ditransmisikan menggunakan kabel. 

2. Pesawat N-250 

unknown4.png

Pesawat N-250 merupakan pesawat penumpang sipil rancangan asli IPTN yang kini berubah nama menjadi PT Dirgantara Indonesia. Menggunakan kode N yang berarti Nusantara menunjukkan bahwa desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di Indonesia. 

Pesawat ini merupakan primadona IPTN dalam usaha merebut pasar di kelas 50-70 penumpang dengan keunggulan yang dimiliki di kelasnya (saat diluncurkan pada tahun 1995). Menjadi bintang pameran pada saat Indonesian Air Show 1996 di Cengkareng. Namun akhirnya pesawat ini dihentikan produksinya setelah krisis ekonomi tahun 1997. 

Alasan Habibie mempertimbangkan pembuatan pesawat tersebut, salah satunya karena pesawat saingannya Fokker F-50 sudah tidak diproduksi lagi disebabkan perusahaan industrinya, Fokker Aviation yang telah gulung tikar pada tahun 1996. 

3. Ikut Mendesain Pesawat C-130 Hercules 

 

unknown5.png

B.J. Habibie disebut juga pernah ikut mendesain pesawat angkut militer TRANSALL C-130. 

Pesawat tempur ini punya empat turboprop sayap tinggi (high wing) yang bertugas sebagai pesawat angkut militer utama untuk pasukan militer di banyak bagian dunia. Pesawat ini Mampu mendarat dan lepas landas di runway yang pendek. 

Awalnya pesawat ini adalah sebuah pengangkut tentara dan pesawat kargo, sekarang ini juga digunakan untuk berbagai macam peran, seperti infantri airborne, pengamatan cuaca, pengisian bahan bakar di udara, pemadam kebakaran udara, dan ambulans udara. Sekarang ini ada lebih dari 40 model Hercules, termasuk beberapa kapal senapan, dan juga digunakan lebih dari 50 negara. 

4. Ikut Andil dalam Pembuatan Pesawat Donier Do 31 

unknown6.png

B.J. Habibie juga andil dalam terciptanya pesawat Donier Do 31. Pesawat ini merupakan jet transportasi eksperimental VTOL Jerman Barat yang dibangun oleh Dornier. Pesawat in dirancang untuk memenuhi spesifikasi NATO (BMR-4) untuk pesawat dukungan taktis untuk pesawat strike serangan VTOL VJ EWR 101 dirancang di bawah kontrak NATO dari BMR-3. Proyek ini dibatalkan pada tahun 1970 karena tingginya biaya, masalah teknis dan perubahan persyaratan. Namun ide Habibie pembuatan pesawat itu masih tercatat sampai sekarang.  

Sebagai generasi muda tugas kita ialah harus menjaga, menciptakan dan melanjutkan karya-karya B.J Habibie selanjutnya. Semangat! 

 

Editor: Olv Destiani

Sumber berita : 

 

https://id.wikipedia.org/ C-130 Hercules, RAI R-80, N-250, 
https://www.brilio.net/ Karya BJ Habibie di bidang penerbangan, bikin bangga Indonesia https://kumparan.com/ Mengenal 4 Karya BJ Habibie dalam Dunia Penerbangan https://www.merdeka.com/ Karya BJ Habibie di bidang penerbangan, bikin bangga Indonesia 
https://www.liputan6.com/ 4 Pesawat BJ Habibie yang Bikin Indonesia Bangga  

Previous
Previous

Merdeka Belajar dan Belajar Merdeka

Next
Next

Beberapa Fakta Menarik Ikan Mola-mola