Beberapa Fakta Menarik Ikan Mola-mola

 

Apa kalian tahu ikan mola-mola, atau dalam bahasa inggris sunfish (ikan matahari)? Itu lho ikan yang sangat sering terdampar di pinggir pantai, gak tau? Baiklah akan aku jelaskan ya.  

Ikan mola-mola atau Ocean Sunfish merupakan salah satu ikan, yang masih berkerabat dekat dengan ikan buntal dan ikan triggerfish. Ikan mola-mola terdapat diseluruh perairan di dunia kecuali kutub Utara dan Selatan. Nama ikan “mola-mola” bukan hanya sebatas nama, melainkan ada artinya. Nama “mola” diambil dari bahasa latin yang artinya batugiling (millstone) yang merujuk pada tubuh ikan mola-mola berbentuk seperti batugilling yang bulat pipih, berat dan berwarna abu-abu (kok seperti peluru ya bentuknya). Tapi bukan itu saja lho, masih ada beberapa fakta unik ikan gembul kita satu ini. Penasaran, yuk kita baca penjelasan dibawah ini. 

 

1. Ukurannya yang “Wow banget” 

Ikan mola-mola atau sunfish diketahui sebagai ikan bertulang belakang terberat dan terbesar diseluruh dunia. Dengan ukuran tubuh sekitar 10 kaki atau sekitar 305cm/ 3,05m (Gedhe banget!). Dan berat rata-rata sekitar 247 sampai 1000 kg bahkan ikan mola-mola terbesar memiliki berat hingga 2,5 ton (berarti lebih berat dari mobilku dong hehe....). 

2. Bentuknya yang unik banget. 

Ikan mola-mola memiliki  kulit yang unik, dimana jika dilihat dari jauh kulitnya seperti licin dan berlendir, tapi jika kita sentuh maka akan terasa berat dan keras seperti batu. Ikan ini tidak seperti ikan lainnya yang mempunyai ekor, ia hanya memiliki  semacam perpaduan sirip dorsal dan sirip anal yang disebut clavius. Sehingga dalam bahasa Jerman sunfish disebut Schwimmender Kopf yang berarti “kepala berenang”. Sementara di Polandia sunfish disebut Samoglow, yang berarti “kepala” saja. Karena tidak punya ekor, membuat sunfish menjadi lambat dalam berenang yang menyebabkan ia sering terbawa arus air yg membuat ia sering terdampar. (kok sedih ya) 

3. Sangat suka berjemur. 

Ikan Sunfish tidak sembarangan disebut sunfish (ikan matahari), melainkan nama tersebut diambil dari kebiasaan sunfish yang suka berjemur. Ya, Berjemur. Sunfish merupakan hewan yang sangat mudah terkena serangan parasit. Dalam suatu kasus pernah dijumpai 40 genera parasit yang menempel pada kulit ikan sunfish (kasihan). Untuk itu, sunfish menghilangkan parasitnya dengan cara Berjemur (ternyata ikan juga bisa menjaga kebersihan ya). Jadi sunfish akan membaringkan tubuhnya satu mengarah keatas dan satu lagi kebawah dan mebalikkan tubuhnya beberapa menit sekali sehingga seluruh tubuhnya terkena cahaya matahari. Terkadang sunfish suka mengepakkan sirip punggung mereka saat berjemur, menandakan mereka senang (lucu banget!).  

4. Makanan Ikan Mola-Mola 

Makanan kesukaan ikan mola-mola adalah ubur-ubur. Selain ubur-ubur sunfish juga suka salpa, ikan kecil, plankton, alga, moluska, dan ikan laut ( walaupun besar ternyata Mr. Sunfish suka yang sederhana ya). Ada yang lucu dari ikan satu ini, dimana jika ia mencari makanan ia dapat menyelam hingga 600 meter, tetapi ternyata ia juga alergi dingin dan tidak bisa hidup dibwah suhu 12 derajat celcius. Susah juga ya hidup jadi sunfish. Kalau begitu semangat ya mister Sunfish berburunya. 

5. Termasuk hewan tersubur di dunia.  

Ikan mola-mola termasuk hewan tersubur didunia. Dalam sekali melahirkan seekor betina sunfish dapat melahirkan hingga 300 juta ekor anak, Waa itu sih lebih banyak daripada penduduk Indonesia ya, hihihi, banyak banget!  

Saat menetas, larva ikan mola berukuran sangat kecil (sekitar 2mm) dan berbentuk seperti ikan buntal dengan duri-duri dan memiliki ekor. Semakin tumbuh besar, duri-duri dan ekor tersebut lambat laun akan menghilang. Dari larva berukuran 2mm itu akan menjadi ikan sunfish berukuran 2m atau lebih saat dewasa nanti. 

 

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik dari ikan mola-mola atau sunfish si gembul ini. Gimana, Menggemaskan bukan ikan satu ini? Keren ya di dalam laut ada hewan sehebat ini. Allah memang telah merancang dunia ini sedemikian rupa hingga tiap-tiap makhluknya memiliki kelebihan dan kelemahan seperti sunfish, walaupun besar dan gampang mati sunfish ternyata memiliki banyak kelebihan. Jadi bagi kalian yang menganggap diri kalian tidak memiki kelebihan, lihat lagi! Mungkin saja ada bakat terpendam yang belum keluar (heheJ). Jadi fakta mana yang membuatmu terkejut? 

 

Penulis: Puti Rani Andressa 

Editor: Ahmad Fauzi 

 

Sumber:

https://medan.tribunnews.com/2019/10/07/10-fakta-ikan-raksasa-mola-mola-yang-terdampar-dan-buat-geger-warga-ambon  
https://zetizen.radarcirebon.com/2021/01/fakta-unik-ikan-mola-mola-si-matahari-laut/     
https://www.idntimes.com/science/discovery/bayu-d-wicaksono/7-fakta-unik-ikan-mola-mola-c1c2  

4 Agustus 2021 

Previous
Previous

Mari Mengenal Empat Pesawat Karya B.J. Habibie yang Membuat Indonesia Bangga!