Sekolah Islam Plus Daarul Jannah

View Original

NUTRISI UNTUK KESEHATAN MENTAL

Oleh: Dinda Prameswari Putri Sekar Ayu

Halo teman-teman, ikuti pembahasan kali ini yuk!

Kesehatan mental sangat penting bagi manusia, kesehatan mental pada masa kanak-kanak bisa mempengaruhi kejiwaan seseorang saat ia dewasa. Dikutip dari hellosehat.com, kesehatan mental adalah kondisi ketika batin dan watak manusia dalam keadaan normal, tenteram, dan tenang sehingga dapat menjalankan aktivitas dan menikmati kehidupan sehari hari.

Salah satu hal yang mempengaruhi kesehatan mental adalah pola makan yang buruk loh! Bagaimana ya cara mengatasi hal tersebut supaya kesehatan mental kita tetap terjaga? Yuk, simak pembahasan berikut ini!

Salah satu caranya dengan mengonsumsi beberapa nutrisi berikut ini :

1.Omega-3

Teman-teman, zat gizi ini dapat meredakan kecemasan yang bisa menjadi stres yang berlebih pada diri kita loh!

Omega-3 ini dapat kamu temukan pada ikan kembung, ikan tuna, ikan tongkol atau jika kamu alergi dengan ikan, kamu bisa menemukannya pada kacang kenari, kedelai, biji rami dan biji Chia Seed

2. Vitamin C

Organ tubuh manusia yang memiliki vitamin C tertinggi salah satunya adalah otak. Vitamin C dapat memulihkan dampak stres emosional dan fisik dengan cepat.

Ini dia makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah kiwi, stroberi atau pada cabai, dan bayam.

3. Triptofan

Triptofan juga masuk ke dalam asam amino esensial loh! Mengingat kembali terkait pelajaran IPA, ingatkah kamu dengan asam amino esensial? Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak diproduksi dalam tubuh atau tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri.

Dikutip dari hellosehat.com, setelah kita mendapatkan zat ini dari makanan, tubuh akan mengubahnya menjadi molekul sederhana yang disebut 5-hidroksitriptofan (5-HTP). Molekul ini merupakan bahan baku pembuatan serotonin, melatonin, dan vitamin B6.

Nah, serotonin ini adalah senyawa kimia yang berfungsi mengirimkan sinyal antara sel saraf, mengatur suasana hati, dan memengaruhi perilaku.

Sedangkan melatonin berperan dalam pengaturan siklus tidur, dan vitamin B6 berperan dalam pembentukan energi. Wah, banyak sekali ya fungsinya!

Triptofan ini bisa kamu temukan pada daging ayam tanpa kulit, susu, cokelat, keju cheddar, dan masih banyak lagi.

4. Magnesium

Nah, tahukah kamu bahwa meningkatkan asupan magnesium, bisa mengurangi hormon stres dan seseorang akan lebih merasa tenang loh.

Dilansir dari laman JPNN.com, “Magnesium membantu fungsi eksekutif otak kita yang lebih tinggi bekerja lebih efektif, memungkinkan kita untuk berpikir lebih kreatif dan fleksibel, mengatur emosi kits dan membuat keputusan rasional,” kata Dr. Swart, seperti dilansir laman MSN, Selasa (31/7).

Zat gizi satu ini bisa kamu temukan pada alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian , sayuran hijau, gandum utuh, dan cokelat hitam.

5. Vitamin B

Zat gizi satu ini juga penting bagi kesehatan mental kita. Vitamin B berfungsi untuk pengembangan dan pemeliharaan sistem saraf.

Dilansir dari HaiBunda.com, di antara vitamin B, yang paling penting adalah vitamin B5 atau asam pantotenat yang dapat mendukung kerja kekenjar adrenal dan meningkatkan mekanisme coping (upaya individu dalam menghadapi situasi yang penuh tekanan).

Kira-kira, apa aja ya makanan yang mengandung vitamin B?

Kamu bisa temukan pada jagung, kerang, telur, daging sapi, sayuran berdaun hijau dan susu.

Nah, itu dia 5 zat gizi yang penting untuk kesehatan mental kita. Yuk, kita jaga kesehatan mental kita untuk diri yang lebih baik dari sekarang!

Penulis : Dinda Prameswari Putri Sekar Ayu

Referensi :

https://www.haibunda.com/moms-life/20211008121610-76-244865/pengaruh-7-zat-gizi-penting-untuk-menjaga-kesehatan-mental-bunda-perlu-tahu/2

https://food.detik.com/info-sehat/d-4747113/jaga-kesehatan-mental-dengan-mengasup-5-nutrisi-penting-ini

https://www.alodokter.com/deretan-makanan-yang-mengandung-vitamin-b12-ini-dari-bahan-alami

https://www.alodokter.com/vitamin-c

https://pyfahealth-com.cdn.ampproject.org/v/s/pyfahealth.com/blog/asam-amino-adalah/?amp_js_v=a6&amp_gsa=1&amp=1&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#aoh=16448369937553&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=From%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fpyfahealth.com%2Fblog%2Fasam-amino-adalah%2F

Dan beberapa website lainnya.