APASIH HARI PERDAMAIAN DUNIA ITU?

By: Daffa Nabel Naffisa Miyari-7D 

Halo teman-teman, kalian tau tidak kalau tanggal 21 September nanti adalah Hari Perdamaian Dunia?  

Sebelum itu, kalian sudah tahu belum apa itu Hari Perdamaian Dunia? 
Yup, Hari Perdamaian Dunia ditetapkan oleh PBB jatuh setiap pada tanggal 21 September. PBB menyatakan hari tersebut sebagai hari yang dikhususkan untuk memperkuat cita-cita perdamaian, baik di dalam dan di antara semua bangsa dan masyarakat. 

        Peringatan ini didedikasikan demi perdamaian dunia dan secara khusus demi berakhirnya perang dan kekerasan, misalnya yang mungkin disebabkan oleh suatu gencatan senjata sementara di zona pertempuran untuk akses bantuan kemanusiaan. 

Nah, sekarang teman-teman sudah tahu kan apa itu Hari Perdamaian Dunia?  

Setelah kalian tau apa itu Hari Perdamaian Dunia, yuk simak bagaimana cara kita memaknai Hari Perdamaian Dunia. Check This Out! 


  1. Terjalin hubungan Internasional yang baik 
    Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara yang paling utama adalah terjalinnya hubungan internasional yang baik antarnegara. Melalui hubungan internasional, setiap negara dapat mencukupi kebutuhannya dalam berbagai bidang.  
    Hubungan internasional yang baik antarnegara bisa mendukung stabilitas yang baik pula. Tanpa hubungan internasional yang baik, sebuah negara akan kesulitan mencukupi kebutuhan perekonomian, sosial, dan keamanannya. 

2. Mendukung Perkembangan Negara 
Perdamaian dunia juga merupakan syarat penting bagi terlaksananya pembangunan suatu negara. Tanpa perdamaian dunia, sebuah negara tidak akan bisa melaksanakan program pembangunannya. Negara akan mengalami kesulitan mewujudkan tujuan negaranya. Maka dari itu, negara yang ingin sukses membangun negaranya harus turut serta mendukung perdamaian dunia. 

da 4.jpg

3. Stabilitas Politik 
Perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara juga berpengaruh terhadap kondisi politik. Dengan adanya stabilitas politik akan berdampak baik bagi hubungan negara yang saling bekerja sama. Sebaliknya, negara yang memiliki ketegangan politik, terutama politik luar negeri, akan cenderung memiliki konflik. Itulah mengapa, Indonesia secara jelas menjalin politik luar negeri bebas aktif, yang merupakan jalur untuk mewujudkan adanya perdamaian dunia. 

da 5.jpg

4. Stabilitas Ekonomi 
Adanya stabilitas yang tercipta melalui perdamaian dunia, kegiatan ekonomi dapat dijalankan dengan sebaik mungkin. Dengan begitu, kemajuan dapat dicapai oleh sebuah negara. Tiap negara memiliki sektor ekonomi yang diunggulkan. Dengan perdamaian dunia, tiap negara bisa saling mendukung perkembangan ekonominya. Sebaliknya, tanpa perdamaian dunia, suatu negara susah memiliki ekonomi yang stabil. 

5. Mendukung Keamanan Negara 
Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara sangat berkaitan dengan keamanan negara. Tanpa adanya perdamaian dunia, sebuah negara akan rentan mengalami peperangan. Adanya peperangan membuat orang kehilangan harta benda, keluarga, nyawa, dan semua yang mereka miliki. Sementara, mereka yang selamat harus memilih antara hidup dalam ketakutan atau meninggalkan semua yang mereka miliki. Jadi, tanpa perdamaian, dunia negara akan terus dihantui dengan perang. 
 
 

da 7.jpg

        Nah, informasi tersebut adalah makna dari Hari Perdamaian Dunia teman-teman, ternyata makna dari Hari Perdamaian Dunia sangat dalam ya. 

 

         Baik, teman-teman sudah berakhir perjumpaan kita kali ini, Stay Safe and Stay Healthy ya teman-teman. 
 

Wassalamualaikum wr.wb 

 

 

Sumber Foto: Google 

Sumber Inspirasi Artikel: Google 

Previous
Previous

Kisah Nabi Muhammad Saw

Next
Next

Alarm Perdamaian Dunia