Sekolah Islam Plus Daarul Jannah

View Original

Serunya Jadi Guru Taman Kanak-kanak

Serunya Jadi Guru Taman Kanak-kanak

Tayang 14 Maret 2024

Dian Rivia, S.Pd 

Every child is unique. 

Dari didikan seorang guru lahir generasi-generasi penerus, menjadi perantara ilmu dan budi pekerti. Pasti akan banyak peristiwa yang bisa kita ceritakan Berawal dari sebuah niat untuk mencerdaskan generasi penerus, saya memberanikan diri untuk berbagi cerita kepada para Pembaca, Sedikit cerita awal mengapa saya bisa menjadi seorang guru. 

Saya adalah seorang guru Taman Kanak-kanak, yang harus berani mengambil keputusan dengan cepat dikarenakan waktu itu Ibu mertua saya ingin sekali memiliki tempat untuk belajar bagi anak usia dini. Maka dibukalah tempat Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) setingkat dengan taman kanak—kanak namun masuk jalur Pendidikan noninformal daaaan disitulah karir guru saya dimulai tepatnya pada tahun 2005. 

Hati saya tergerak untuk dapat melakukan segala sesuatu dari nol, yang mana saat itu saya tidak memiliki sedikitpun ilmu tentang anak usia dini atau taman kanak-kanak, Dengan memiliki rasa kasih sayang kepada anak usia dini dan keinginan yang kuat untuk bisa membuat generasi penerus yang baik, saya mulai dengan membaca Bismillah 

Ternyata menjadi guru taman kanak-kanak itu sangat menyenangkan loooh…setiap hari ada cerita yang mereka bawa untuk dapat dibagi kepada kita sebagai guru dan untuk teman-temannya. Banyak tingkah polah mereka yang lucu dan menggemaskan, walau terkadang ada sedikit salah paham antara guru dan orang tua siswa.

Guru Taman Kanak-kanak menurut orang lain pasti sangat ribet dan sangat merepotkan, tapi tidak bagi saya, karena anak-anak itu sebenarnya unik. Mereka memiliki kepribadian yang sangat lucu dan menggemaskan, selalu ada cerita berulang yang sering kita dengar, namun tidak membosankan. 

Dari tahun ke tahun, setiap anak usia dini itu mempunyai cerita yang beragam. Diawal tahun ajaran baru selalu ada siswa yang pemalu atau takut ditinggal Ayah Bundanya. Distiulah peran kita sebagai guru harus bisa membuat siswa tersebut mau dan senang berada di sekolah taman kanak-kanak bahkan hingga waktu pulang sekolah pun masih betah berada berlama-lama di sekolah. 

Ada siswa yang hanya beberapa hari saja sudah bisa beradaptasi berada di lingkungan sekolah, namun ada hingga 1 atau 2 minggu yang masih harus dengan sabar kita menghadapi hal seperti itu. Saya harus bisa menjadi apapun di mata mereka sebagai pengalihan peran orangtua ke guru, saya harus menjadi badut atau apapun supaya mereka bisa tertawa dan berhenti menangis. Itulah yang akan saya lakukan di minggu-minggu awal Pelajaran baru.  

Hahahaa lucu gak siiiih, seruuu tau kalau jagi guru TK tuh! 

Sumber

See this social icon list in the original post