Sekolah Islam Plus Daarul Jannah

View Original

Pendidikan adalah Kunci Kesuksesan di Masa Depan Nanti

Pendidikan adalah Kunci Kesuksesan di Masa Depan Nanti

Tayang 10 Mei 2024

Nurul Hikmah

Tetaplah berusaha, walaupun masih tidak sesuai harapan, tetapi percayalah di balik proses yang melelahkan ada hasil yang memuaskan, dan bagaimanapun hasilnya yang penting sudah mau berusaha, percayalah bahwa rencana tuhan itu lebih baik

Pendidikan adalah suatu hal yang penting bagi seluruh manusia di dunia ini, karena jika tidak ada Pendidikan di dunia ini tidak akan ada penerus bangsa kita nanti, terkadang kita juga bisa mengambil pengalaman dari orang lain, entah itu tentang pengalaman dia mengikuti olimpiade di berbagai tingkat , ikut organisasi atau yang lain nya, kita bisa mengambil dari pengalaman orang lain tetapi jika mengikuti olimpiade lalu kalian kalah jangan berkecil hati, karena itu lah bagian dari sebuah proses ketika kita ingin mencapai kesuksesan di masa depan nanti, tetapi setelah lepas dari apapun itu harus siap mengambil resiko.

Tetapi ada salah satu yang dapat membuat diri lebih berkualitas adalah dengan berusaha meningkatkan value diri.


Apa itu value?

Setiap manusia memiliki nilai-nilai yang ada di hidupnya, nilai atau keyakinan tersebut menjadi pedoman seseorang dalam bersikap di kehidupan sehari-hari ataupun pada dunia kerja, hal tersebut adalah value. Pentingnya value pada diri sendiri untuk menentukan keputusan-keputusan hidup, sehingga sering kali saat kita melakukan sesuatu yang terpaksa dan bersinggungan dengan value diri, maka akan merasa tidak nyaman. Seperti ketika kita disuruh mencuri, tetapi hal tersebut berlawanan dengan value yang selalu kita pegang yaitu kejujuran, maka akan merasa gelisah dan tidak nyaman.

Ada banyak jenis tentang value:

  1. Personal Value
    Merupakan nilai yang membantu dirimu dalam menentukan pilihan hidup sesuai dengan keinginan, disebut personal karena merupakan nilai yang ada pada diri setiap orang yang berdasarkan pengalaman pribadi dan bersifat spesifik, sehingga berbeda-beda tiap individu. Contohnya adalah sikap menghargai, sikap toleransi, sopan, dan rasa empati.

  2. Social Value
    Nilai yang ditentukan oleh suatu masyarakat dan biasa disebut dengan etos. Manusia merupakan makhluk sosial yang tentu saja perlu social value. Contoh nilai ini adalah solidaritas.

  3. Spiritual Value
    Berakar dari kepercayaan yang dianut oleh masing-masing individu dan mengatur kehidupan manusia. Contoh nya adalah keimanan dan ketakwaan.

  4. Moral Value
    Nilai-nilai yang diterima oleh masyarakat mencakup nilai sifat-sifat baik yang dipercaya akan membawa kebahagiaan. Nilai ini bisa untuk tidak diikuti tetapi akan menjadi nilai tambah jika diikuti. Contohnya adalah kejujuran dan etika.

Jika kalian menginginkan kesuksesan dimasa depan, jangan hanya berkeinginan mendapatkan hasil yang lebih baik, tapi lakukanlah sesuatu untuk impian tersebut. Sekali lagi, apa yang Anda lakukan pada kali ini akan membuat perbedaan besar antara apa yang akan terjadi masa depan dengan apa yang telah terjadi di masa lalu.

Karenanya, jangan pernah patah semangat untuk melalui rintangan-rintangan tersebut! Simak beberapa inspirasi kunci meraih masa depan yang cerah berikut ini:

  • Mimpi dan niat merupakan awal dari segalanya. Berani mengembangkan diri sendiri dan berusaha keras adalah kunci meraih kesuksesan dimasa depan.

  • Jika yakin dengan kemampuan diri sendiri, maka kita akan berani mencoba hal atau tantangan baru. Sukses atau gagal, tidaklah jadi masalah! Karena yang terpenting; kita jangan pernah takut untuk maju sebelum berperang!

  • Tentukan tujuan besar yang ingin dicapai, lalu kembangkan tujuan besar menjadi beberapa tujuan kecil, hal ini berguna sebagai tahapan sebelum mencapai tujuan besar. Selain itu cara ini bisa membantu kita dalam memotivasi diri sendiri.

  • Dari proses pengembangan diri, kita akan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman. Ya, ilmu dan pengalaman adalah guru terbaik untuk bisa meraih kesuksesan dimasa depan dan kesuksesan itu lah akan cerah dan cemerlang. Kedua kunci tersebut pun harus saling menopang satu sama lain agar tujuan yang dituju bisa tercapai!

  • Optimis dan yakin akan kemampuan diri sendiri, menjadi kunci dalam meraih kesuksesan dimasa depan. Pokoknya, jangan sampai kegagalan menjadi halangan untuk meraih kesuksesan dimasa depan. Belajarlah selalu dari kegagalan, dan jangan lupa untuk menghargai setiap usaha yang telah di buat. 

  • Setiap hal yang sudah dilakukan baik itu gagal atau berhasil harus tetap disyukuri dan jangan pernah menyesal, karena sebetulnya banyak sekali hal yang bisa diambil pelajarannya. Salah satu hal penting dalam mencapai tujuan masa depan adalah belajar dari kesalahan, dengan begitu jalan yang akan ditempuh akan lebih baik.

  • Kunci untuk memiliki kesuksesan dimasa depan adalah menabung dan berinvestasi sejak dini.

  • Disiplin merupakan kunci kesuksesan dimasa depan. Hanya saja,kita harus bisa selalu fokus, teratur, dan terarah dengan apa yang dibangun serta jalankan sedari awal, demi mewujudkan kesuksesan dimasa depan.

  • Kunci dalam meraih kesuksesan dimasa depan ada saat kita bisa menghargai dan membahagiakan orang lain. Karena menghargai orang lain sama dengan menghargai diri sendiri, yang pada akhirnya akan membawa banyak kebahagiaan.

Dari inspirasi tersebut kita belajar bahwa proses untuk meraih kesuksesan dimasa depan tidak lah mudah karena harus melewati berbagai proses,tetapi  jangan menyerah karena belum bisa menjadi orang yang sukses belum bukan berarti tidak akan bisa tetapi, cobalah lagi dan lagi untuk menggapai kesuksesan atau keinginan tersebut.


Sumber

See this social icon list in the original post