Sekolah Islam Plus Daarul Jannah

View Original

Pertukaran Budaya SMPIP Daarul Jannah dengan NPO Good! Di Itabashi, Tokyo

Pertukaran Budaya SMPIP Daarul Jannah dengan NPO Good! Di Itabashi, Tokyo

Tayang 9 Februari 2024

Larasati Adiannisa W

A Business graduate who passionate in digital contents, photography, and communication.

November lalu, teman-teman kita dari SMPIP Daarul Jannah mendapatkan kesempatan emas untuk pertukaran budaya dengan NPO Good! Di kota Itabashi, Tokyo, Jepang.


Apa sih NPO Good! Itu?

NPO Good! Ini adalah organisasi non-profit sukarela yang membantu sesama baik dalam skala nasional maupun internasional. Bisa kita lihat dari namanya NPO yaitu singkatan dari Non-Profit Organization dan Good!-nya adalah the Global Organization Of Dreamers. Organisasi ini berdiri sejak tahun 2001 di Jepang, berawal dari kumpulan beberapa orang yang suka membantu sesama sekarang NPO Good! Sudah memiliki anggota lebih dari 1.000 orang yang mayoritasnya adalah mahasiswa.

Sambutan Yang Hangat

Nah pada kesempatan emas ini teman-teman dari SMPIP Daarul Jannah mendapatkan kesempatan pertukaran budaya secara langsung dengan anggota NPO Good! Dimulai dengan sambutan hangat yang sangat tidak disangka dari teman-teman NPO Good yang berikutnya disambung dengan sambutan dari founder NPO Good! Itu sendiri Bapak Isoda Koji.

Pertunjukan Budaya Tradisional

Pada kegiatan pertukaran budaya ini teman-teman dari Indonesia membawa snack khas Indonesia, ada yang membawa kripik balado, kentang mustofa, permen, dan lain-lain. Disana juga ada penampilan tari tradisional dan menyanyikan lagu Indonesia dari siswa SMPIP Daarul Jannah loh! Yang kemudian dibalas dengan penampilan tarian tradisional dari teman-teman NPO Good!

Praktek Komunikasi

Selain itu ada juga sesi pembelajaran singkat dan sederhana untuk simple gretting atau percakapan salam sederhana dalam bahasa Jepang, disini teman-teman dari Indonesia diberikan kesempatan secara langsung untuk mengobrol dan berkenalan dengan teman-teman dari NPO! Good lebih jauh lagi.

Makan Malam Bersama

Kemudian acara dilanjutkan dengan makan malam bersama di basecamp NPO Good! Kebetulan sekali pada saat itu istri dari founder dan juga salah santu anggota NPO Good sedang berulang tahun jadi teman-teman ikut merayakan dengan menyanyikan lagu ulang tahun dalam Bahasa Indonesia, yang ternyata sangat menyentuh bagi yang sedang berulang tahun.

Perpisahan Yang Mengharukan

Terakhir acara pertukaran budaya ditutup dengan ucapan terima kasih singkat dari representatif kedua belah pihak dan juga founder NPO Good! Oleh Bapak Isoda Koji dan dari SIP Daarul Jannah oleh Bunda Vera Rina Dewi.

Sungguh pengalaman yang tidak terlupakan, bahkan sampai sekarang teman-teman dari SMPIP Daarul Jannah dan NPO Good! Masih berkomunikasi lewat sosial media, wah pokoknya seru banget deh! Kamu juga ingin memiliki pengalaman yang tidak terlupakan seperti teman-teman kita? Yuk Ikut Study Tour Daarul Jannah ke Jepang!

Sumber

See this social icon list in the original post