Sekolah Islam Plus Daarul Jannah

View Original

Pertukaran Budaya SDIP Daarul Jannah dengan Sekolah Satoyama di Gunma, Jepang

Pertukaran Budaya SDIP Daarul Jannah dengan Sekolah Satoyama di Gunma, Jepang

Tayang 15 Februari 2024

Naba Putri

Learning enthusiast, a mother and a teacher who loves education and psychology.

Satoyama Gakkou (Satoyama School), sebuah sekolah di daerah Maebashi Prefektur Gunma, Jepang. Sekolah ini membawa kebebasan pembelajaran dan hubungan dengan alam ke jenjang yang lebih tinggi. Pada kesempatan study tour kali ini, SDIP Daarul Jannah dapat melakukan kegiatan pertukaran budaya dengan Sekolah Satoyama.

Hari Pertama

Pada suatu pagi yang cerah di Gunma, kami disambut oleh Ibu Han Jin Hee dan Kepala Sekolah Satoyama yaitu Bapak Ochiai Sensei. Sesampai di wilayah Sekolah Satoyama kami disambut oleh seluruh siswa, guru, dan relawan dari Sekolah Satoyama tersebut, setelah perkenalan singkat kami langsung menuju area outbound untuk memulai perkenalan dan kegiatan sesungguhnya.

Hanya dalam hitungan menit seluruh siswa SDIP Daarul Jannah dan siswa Sekolah Satoyama melompat, memanjat dan bermain Bersama, keterbatasan bahasa di antara kedua belah pihak tidak bukan penghalang untuk mereka langsung akrab dan berinteraksi satu dengan yang lainnya.

Teman-teman dari Indonesia membawa beberapa permainan tradisional untuk dimainkan bersama diantaranya yaitu Tali Karet, Congklak, dan Egrang dari Batok Kelapa. Walau di Jepang juga ada permainan Lompat Tali, ternyata cara bermain dan bahan yang digunakan untuk talinya berbeda loh! Akhirnya kedua belah pihak mengajarkan cara bermain lompat tali dari negaranya masing-masing untuk dimainkan bersama. Tidak hanya itu, kami juga mendapatkan pengalaman yang menarik dengan membuat kerajinan tangan gantungan kunci dari biji-bijian.

Saat tiba waktu makan snack bersama, kami disuguhkan snack yang berasal dari hasil kebun Sekolah Satoyama. Ternyata buah kenari dan strawberry yang sangat besar dan subur ini dirawat oleh siswa Sekolah Satoyama! Sungguh luar biasa, sekolah alam dan dalam pembelajarannya menyatu dengan alam dan warga sekitar. Jadi apa yang dimakan oleh siswa berasal dari hasil kebun sendiri. Sorenya siswa dari SDIP Daarul Jannah dan Sekolah Satoyama bermain disungai, dan saat tiba malam kami membuat api unggun sambil makan malam.

Belum selesai kami dibuat kagum, kegiatan malam pada hari itu ditutup dengan melihat Bintang dan Planet di Planetarium Kurabuchi Kodomo Observatory yang terletak dekat dengan lokasi Sekolah Satoyama.

Hari Kedua

Pada hari kedua, kami bertemu dengan teman-teman dari Sekolah Satoyama di depan stasiun radio FM Gunma. Disana siswa banyak belajar dan melihat langsung cara siaran, mulai dari proses briefing hingga mulainya siaran dengan penyiar radio Wai Wai Groovin’ dari luar ruang siaran radio. Kami melihat seluruh proses live melalui jendela kaca penonton.

Kemudian disambung dengan kegiatan Ice Skating di ALSOK Gunma Ice Arena, kami bermain ice skating dengan teman-teman dari Sekolah Satoyama, ternyata mereka pun belum begitu ahli dalam bermain sehingga sering sekali terjatuh, namun meski begitu mereka akan berdiri lagi untuk mencoba, begitu seterusnya sampai di akhir permainan menjadi lebih ahli dari saat mereka memulai bermain ice skating.

Akhir dari kegiatan pertukaran budaya akhirnya kita tutup dengan berkumpul bersama dan saling memberi kesan serta pesan. Tidak disangka acara perpisahan dari dua hari pertukaran budaya antar siswa SDIP Daarul Jannah dan siswa Sekolah Stoyama tersebut  mengharu biru karena hangatnya kebersamaan dalam waktu singkat yang sangat istimewa.

Dua hari yang sangat mengesankan, anak-anak belajar tidak hanya mengenal perbedaan, namun juga menembus batas perbedaan itu untuk bisa berinteraksi dengan teman-teman dengan budaya bahkan bahasa yang berbeda. Kemampuan siswa dalam beradaptasi, berkolaborasi, kreatifitas, pantang menyerah bahkan kemandirian mereka dapatkan dari perjalanan dua hari di Sekolah Satoyama.

Terima kasih teman baruku,

Terima kasih keluarga baruku,

Terima kasih Sekolah Satoyama,

Semoga tahun depan kita bisa bertemu lagi dengan petualangan yang tidak kalah seru dan menyenangkan.

Sumber

See this social icon list in the original post